Blogger Template

Home » » FIKIH WANITA tentang hal-hal yang dilarang (Pustaka Rizki Putra)

FIKIH WANITA tentang hal-hal yang dilarang (Pustaka Rizki Putra)


Judul: 

Fikih Wanita

Wanita dalam kaca mata Islam memiliki kedudukan yang tinggi. Kemuliaan wanita dengan kedudukan tinggi ini begitu di-jaga oleh Islam. Allah dan Rasul-Nya senantiasa memberikan we-jangan kepada kaum muslimin untuk selalu memperlakukan wa-nita dengan sebaik-baiknya. Islam tidak pernah membiarkan ke-hormatan wanita dirusak oleh apapun atau siapapun, bahkan ke-tika yang melakukannya adalah wanita itu sendiri. 

Firman Allah, “Dan janganlah engkau mendekati zina. Sesung-guhnya zina itu perbuatan yang buruk, tercela dan jalan yang sesat,” yang ditujukan untuk laki-laki dan perempuan, adalah bukti bah-wa Allah menjaga kehormatan kedua jenis kelamin. Sebab, zina adalah sarana perusakan kehormatan keduanya. 
Dalam konteks yang lain, Rasulullah saw. pernah mewasiat-kan agar kaum muslimin senantiasa memperlakukan kaum wani-ta dengan sebaik-baiknya. Bahkan untuk mengajak kaum wanita kepada kebaikan, Rasulullah memberikan acuan psikologis bah-wa wanita itu laksana tulang rusuk yang bengkok, yang tidak mudah diluruskan. Oleh sebab itu, kesabaran dan ketekunan kaum pria sangat diharapkan dan dibutuhkan. Bukan dengan tin-dakan kekerasan sebagaimana yang sering terjadi dalam rumah tangga. 
Namun tidak lantas hadis ini dipahami sebagai justifikasi bahwa wanitalah yang perlu diluruskan dan bukannya pria. Se-baliknya, kedua jenis kelamin perlu saling mengingatkan dan me-luruskan satu sama lain. 
Buku ini menuturkan banyak ayat Al-Qur’an dan hadis Nabi yang berkenaan dengan rambu-rambu agama yang berkaitan de-ngan fikih wanita. Sang penulis sengaja menyampaikan ayat-ayat dan hadis-hadis tersebut secara ensiklopedis dengan maksud agar para wanita dapat langsung merujuk kepada sumber asli ajaran agama. Dengan lebih banyak dalil yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis yang dipaparkan, seorang muslimah diharapkan dapat lebih menghayati pesan-pesan agama dan mengaplikasikannya dalam kehidupan.
Dan sebagaimana Allah menjaga kehormatan laki-laki dan perempuan, buku ini layak dibaca siapa saja, baik laki-laki mau-pun perempuan, yang ingin memahami wejangan-wejangan dan nasihat-nasihat Allah dan Rasul-Nya. Semoga buku ini dapat menjadi kontribusi bagi terciptanya Indonesia yang baldatun thay-yibatun wa Rabbun ghafur, sebuah negeri yang baik dan senantiasa dalam ampunan dan kasih sayang Allah swt.
Selamat membaca!
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar